Modul 2: Laporan Akhir 1




1. Alat dan Bahan[Back]
- Jumper
Kabel jumper adalah suatu istilah kabel yang ber-diameter kecil yang di dalam dunia elektronika digunakan untuk menghubungkan dua titik atau lebih dan dapat juga untuk menghubungkan 2 komponen elektronika. Kabel jumper jenis ini digunakan untuk koneksi male to male pada kedua ujung kabelnya.


- Arduino Uno

Microcontroller ATmega328P

Operating Voltage 5 V

Input Voltage (recommended) 7 – 12 V

Input Voltage (limit) 6 – 20 V

Digital I/O Pins 14 (of which 6 provide PWM output)

PWM Digital I/O Pins 6

Analog Input Pins 6

DC Current per I/O Pin 20 mA

DC Current for 3.3V Pin 50 mA

Flash Memory 32 KB of which 0.5 KB used by bootloader

SRAM 2 KB

EEPROM 1 KB

Clock Speed 16 MHz



- Breadboard
breadboard adalah board yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik tanpa harus merepotkan pengguna untuk menyolder. Biasanya papan breadboard ini digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara untuk tujuan uji coba atau prototype

- Push Button

DIP switch adalah singkatan dari "Dual In-line Package switch." Ini adalah jenis sakelar elektronik yang digunakan untuk mengatur konfigurasi atau pengaturan pada papan sirkuit cetak (PCB), perangkat elektronik, atau sistem lainnya. DIP switch biasanya terdiri dari sejumlah kecil sakelar yang terletak dalam paket plastik yang memiliki pin pada kedua sisi, sehingga dapat dihubungkan langsung ke PCB.

- LED Red

LED Red adalah Light Emitting Diode (dioda pemancar cahaya) yang menghasilkan cahaya berwarna merah. LED merah umumnya digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk tanda pencahayaan, indikator status, lampu isyarat lalu lintas, perangkat elektronik, dan banyak lagi. Cahaya merah yang dihasilkan oleh LED Red biasanya memiliki panjang gelombang sekitar 620-750 nanometer, tergantung pada jenis bahan semikonduktor yang digunakan dalam pembuatan LED.

- LCD 

LCD adalah singkatan dari "Liquid Crystal Display" (Tampilan Kristal Cair). Ini adalah jenis teknologi tampilan yang digunakan dalam banyak perangkat elektronik, termasuk televisi, monitor komputer, ponsel cerdas, jam tangan pintar, dan banyak lagi. Layar LCD terdiri dari lapisan-lapisan bahan yang berbeda, termasuk lapisan substrat kaca yang tipis di antara dua panel polarisasi.

2. Rangkaian Simulasi[Back]





3. Prinsip Kerja Rangkaian[Back]

    Pada Percobaan 2, komponen rangkaian utama berupa dipswitch sebagai interrupt dan outputan mengunakan LCD. Saat terjadi interrupt, eksekusi program utama dihentikan sementara, dan kontrol beralih ke rutinitas penanganan interrupt. Rutinitas ini menangani peristiwa yang menyebabkan interrupt, seperti input dari perangkat eksternal atau timer yang mencapai batas waktu tertentu. Setelah penanganan interrupt selesai, kontrol kembali ke program utama untuk melanjutkan eksekusi dari titik terputus sebelumnya.

3. Video Rangkaian[Back]





5. Analisa[Back]
  1. SOAL ANALISA
    Percobaan 2
    1. Bagaimana switch pada percobaan dapat mengaktifkan suatu instruksi baru? 
    2. Jelaskan proses diagram dari Interrupt!

    Percobaan 6
    1. Bagaimana cara button dapat mengubah putaran motor stepper?
    2. Bandingkan rangkaian TP dengan rangkaian Percobaan

6. Link Download[Back]

0 comments:

Posting Komentar